Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Mar 17, 2013 in Artikel | 0 comments

Bantu Si Kecil Gemar Membaca

Kegemaran anak pada buku itu berawal dari kebiasaan. Jika mereka sudah suka memegang buku dan mencerna isinya, itu adalah tanda membaca adalah kegiatan mengasyikan bagi mereka, hingga akhirnya mereka ketagihan dan membutuhkan bacaan.

Atas dasar itu, membangun kebiasaan membaca seharusnya dimulai sejak sedini mungkin. Maklumlah, namanya kebiasaan, kalau anak sudah lebih besar biasanya makin sulit menularkan kebiasaan membaca.

Langkah awal tentunya dari kita sendiri sebagai orangtua. Kita tidak mungkin hanya sekadar memberi instruksi agar anak rajin membaca, sedangkan kita ogah-ogahan memegang buku. Manfaatkan perilaku anak yang suka meniru. Mereka akan meniru orang sekelilingnya yang suka membaca buku. Berikutnya, ciptakanlah atmosfir yang menggemari buku. Mulailah dari rumah, misalnya dengan membuat rasa nyaman bagi mereka untuk membaca. Bila suasana sudah mendukung, cobalah berinteraksi dengan si kecil lewat bahan bacaan. Tunjukkan berbagai buku bergambar menarik yang mampu membuat si kecil penasaran. Jelaskan juga sampul bukunya untuk mengajak anak ikutan menebak apa isi buku tersebut berdasarkan sampulnya saja.

Widya Wiyata Pertama dan Walter - Ensiklopedi Anak Tigaraksa

Widya Wiyata Pertama dan Walter – Ensiklopedi Anak Tigaraksa

 

Sumber : http://www.bundakonicare.com

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *